Taruhan999.Com website yang menerima pembukaan ID untuk Agen Taruhan Judi Bola, IBCBET, SBOBET,  ASIA8BET dan 338A http://185336457.r.cdn77.net/banners | Available http://185336457.r.cdn77.net/banners Space Fortunebet99 website yang menerima pembukaan ID untuk Agen Taruhan Judi Bola, IBCBET, SBOBET,  ASIA8BET dan 338A
Tersedia Banner Space
AgentBola_terpercaya Play Safe With US AgentBola_terpercaya
818onebet.Com website yang menerima pembukaan ID untuk Agen Taruhan Judi Bola, IBCBET, SBOBET,  ASIA8BET dan 338A AgentBola_terpercaya Fortunebet99 website yang menerima pembukaan ID untuk Agen Taruhan Judi Bola, IBCBET, SBOBET,  ASIA8BET dan 338A
Tersedia Banner Space
Bola388 Agent Betting Online
Bola54.com - Agen Bola Piala Dunia 2014
http://185336457.r.cdn77.net/banners | Available http://185336457.r.cdn77.net/banners Space InfoDewa.Com Tipster Maniak
Tersedia Banner Space
HokiBet99 Adalah Taruhan Bola yang terpercaya dan mulai dari 20 ribu sudah dapat bermain judi bola sbobet ibcbet atau 338a bola388 Adalah Taruhan Bola yang terpercaya MarkasJudi adalah website yang menerima pembukaan ID untuk Agen Taruhan Judi Bola, IBCBET, SBOBET,  ASIA8BET dan 338A
FastBet99 Agen Bola | Taruhan Bola | Judi bola | Judi Online | SBOBET
StarBet99 | Starbet99 Wajib membaca Peraturan Permainan Taruhan Judi Bola Dan Casino Online AgentBola_terpercaya AgentBola_terpercaya
http://185336457.r.cdn77.net/banners | Available http://185336457.r.cdn77.net/banners Space HokiJudi99.jpg website yang menerima pembukaan ID untuk Agen Taruhan Judi Bola, IBCBET, SBOBET,  ASIA8BET dan 338A http://185336457.r.cdn77.net/banners | Available http://185336457.r.cdn77.net/banners Space
Page 1 of 3 1 2 3 LastLast
Results 1 to 10 of 24
  1. #1
    Status
    Offline
    Ki Wulung's Avatar
    64-Bit Member
    Join Date
    Oct 2007
    Location
    Jakarta
    Posts
    120

    Smile Aliran Islam Kejawen

    Ilmu Gaib Aliran Islam Kejawen bersumber dari alkulturasi (penggabungan) budaya jawa dan nilai-nilai agama islam. Ciri khas aliran ini adalah doa-doa yang diawali basmalah dan dilanjutkan kalimat bahasa jawa, kemudian diakhiri dengan dua kalimat sahadad. Aliran Islam Jawa tumbuh syubur di desa-desa yang kental dengan kegiatan keagamaan (pesantren yang masih tradisional).

    Awal mula aliran ini adalah budaya masyarakat jawa sebelum islam datang yang memang menyukai kegiatan mistik dan melakukan ritual untuk mendapatkan kemampuan suparantural. Para pengembang ajaran islam di Pulau Jawa (Wali Songo) tidak menolak tradisi jawa tersebut, melainkan memanfaatkannya sebagi senjata dakwah.

    Para Wali menyusun ilmu-ilmu Gaib dengan tatacara lelaku yang lebih islami, misalnya puasa, wirid mantra bahasa campuran arab-jawa yang intinya adalah do'a kepada Allah. Mungkin alasan mengapa tidak disusun mantra yang seluruhnya berbahasa Arab adalah agar orang jawa tidak merasa asing dengan ajaran-ajaran yang baru mereka kenal.

    Di Indonesia, khususnya orang jawa, pasti mengenal Sunan Kali Jaga (Raden Said). Beliau inilah yang paling banyak mewarnai paham islam-kejawen yang dianut orang-orang jawa saat ini. Sunan Kali jaga menjadikan kesenian dan budaya sebagai kendaraan dakwahnya. Salah satu kendaran Sunan Kali Jaga dalam penyebaran ajarannya adalah melalu tembang / kidung. Kidung-kidung yang diciptakannya mengandung ajaran ketuhanan dan tasawuf yang sangat berharga. Ajaran islam yang luwes dan menerima berbagai perbedaan.

    Bahkan Sunan Kali Jaga juga menciptakan satu kidung "Rumeksa Ing Wengi" yang menurut saya bisa disebut sebagai Ilmu Gaib atau Ilmu Supranatural, karena ternyata orang yang mengamalkan kidung ini memiliki berbagai kemampuan supranatural.

    Konsep Aliran Islam Kejawen

    Setiap perilaku manusia akan menimbulkan bekas pada jiwa maupun badan seseorang. Perilaku-perilaku tertentu yang khas akan menimbulkan bekas yang sangat dasyat sehingga seseorang bisa melakukan sesuatu yang melebihi kemampuan manusia biasa. Perilaku tertentu ini disebut dengan tirakat, ritual, atau olah rohani. Tirakat bisa diartikan sebagai syarat yang harus dipenuhi untuk mendapatkan suatu ilmu.

    Penabungan Energi.
    Karena setiap perilaku akan menimbulkan bekas pada seseorang maka ada suatu konsep yang khas dari ilmu Gaib Aliran Islam Jawa yaitu Penabungan Energi. Jika badan fisik anda memerlukan pengisian 3 kali sehari melalui makan agar anda tetap bisa beraktivitas dengan baik, begitu juga untuk memperoleh kekuatan supranatural, Anda perlu mengisi energi. Hanya saja dalam Ilmu Gaib pengisian energi cukup dilakukan satu kali untuk seumur hidup. Penabungan energi ini dapat dilakukan dengan cara bermacam-macam tergantung jenis ilmu yang ingin dikuasai. Cara-cara penabunganenergi lazim disebut Tirakat.

    Tirakat.
    Aliran Islam Kejawen mengenal tirakat (syarat mendapatkan ilmu) yang kadang dianggap kontroversial oleh kalangan tertentu. Tirakat tersebut bisa berupa bacaan doa. wirid tertentu, mantra, pantangan, puasa atau penggabungan dari kelima unsur tersebut. Ada puasa yang disebut patigeni (tidak makan, minum, tidur dan tidak boleh kena cahaya), nglowong, ngebleng dan lain-lain. Biasanya beratnya tirakat sesuai dengan tingkat kesaktian suatu ilmu. Seseorang harus banyak melakukan kebajikan dan menjaga bersihnya hati ketika sedang melakukan tirakat.

    Khodam.
    Setiap Ilmu Gaib memiliki khodam. Khodam adalah mahluk ghaib yang menjadi "roh" suatu ilmu. Khodam itu akan selalu mengikuti pemilik ilmu. Khodam disebut juga Qorin, ialah mahluk ghaib yang tidak berjenis kelamin artinya bukan pria dan bukan wanita, tapi juga bukan banci. Dia memang diciptakan semacam itu oleh Allah dan dia juga tidak berhasrat kepada manusia. Hal ini berbeda dengan Jin yang selain berhasrat kepada kaum jin sendiri kadang juga ada yang "suka" pada manusia.

    Macam-macam Ilmu Aliran Islam Kejawen

    Berikut adalah klasifikasi ilmu gaib berdasarkan fungsinya menurut saya. Mungkin orang lain membuat klasifikasi yang berbeda dengan klasifikasi menurut saya. Hal tersebut bukan masalah karena memang tidak ada rumusan baku tentang klasifikasi ilmu Gaib.

    1. Ilmu kanuragan.

    Ilmu kanuragan adalah ilmu yang berfungsi untuk bela diri secara supranatural. Ilmu ini mencakup kemampuan bertahan (kebal) terhadap serangan dan kemampuan untuk menyerang dengan kekuatan yang luar biasa. Contohnya ilmu Asma' Malaikat, Hizib Kekuatan Batin, Sahadad Pamungkas dll.


    2. Ilmu Kawibawaan dan Ilmu Pengasihan

    Inilah ilmu supranatural yang fungsinya mempengaruhi kejiwaan dan perasaan orang lain. lmu Kewibaan dimanfaatkan untuk menambah daya kepemimpinan dan menguatkan kata-kata yang diucapkan. Orang yang menguasai Ilmu Kewibawaan dengan sempurna akan disegani masyarakat dan tidak satupun orang yang mampu melawan perintahnya apalagi berdebat. Bisa dikatakan bila Anda memiliki ilmu ini Anda akan mudah mempengaruhi dan membuat orang lain nurut perintah Anda tanpa berpikir panjang.Sedangkan Ilmu Pengasihan atau ilmu pelet adalah ilmu yang berkaitan dengan masalah cinta, yakni membuat hati seseorang yang Anda tuju menjadi simpati dan sayang. Ilmu ini banyak dimanfaatkan pemuda untuk membuat pujaan hati jatuh cinta padanya. Ilmu ini juga dapat dimanfaatkan untuk membuat lawan yang berhati keras menjadi kawan yang mudah diajak berunding dan memulangkan orang yang minggat.


    3. Ilmu Trawangan dan Ngrogosukmo

    Jika Anda ingin tahu banyak hal dan bisa melihat kemana-mana tanpa keluar rumah, maka kuasailah ilmu trawangan. Ilmu trawangan berfungsi untuk menajamkan mata batin hingga dapat menangkap isyarat yang halus, melihat jarak jauh, tembus pandang dan lain-lain. Sedangkan Ilmu Ngrogosukmo adalah kelanjutan dari Ilmu Trawagan. Dalam ilmu trawangan hanya mata batin saja yang berkeliaran kemana-mana, sedangkan jika sudah menguasai ilmu ngrogosukmo seseorang bisa melepaskan roh untuk melakukan perjalanan kemanapun dia mau. Baik Ilmu Trawangan maupaun Ngrogosukmo adalah ilmu yang tergolong sulit dipelajari karena membutuhkan keteguhan dan kebersihan hati. Biasanya hanya dikuasi oleh orang yang sudah tua dan sudah tenang jiwanya.

    4. Ilmu Khodam
    Seseorang disebut menguasai ilmu khodam bila orang yang tersebut bisa berkomunikasi secara aktif dengan khodam yang dimiliki. Khodam adalah makhluk pendamping yang selalu mengikuti tuannya dan bersedia melakukan perintah-perintah tuannya. Khodam sesungguhnya berbeda dengan Jin / Setan, meskipun sama-sama berbadan ghaib. Khodam tidak bernafsu dan tidak berjenis kelamin.

    5. Ilmu Permainan (Atraksi)
    Ada ilmu supranatural yang hanya bisa digunakan untuk pertunjukan di panggung. Sepintas ilmu ini mirip dengan ilmu kanuragan karena bisa memperlihatkan kekebalan tubuh terhadap benda tajam, minyak panas dan air keras. Namun ilmu ini tidak bisa digunakan untuk bertarung pada keadaan sesungguhnya. Contoh yang sering kita lihat adalah ilmunya para pemain Debus.

    6. Ilmu Kesehatan
    Masuk dalam kelompok ini adalah ilmu gurah (membersihkan saluran pernafasan), Ilmu-ilmu pengobatan, ilmu kuat seks, dan ilmu-ilmu supranatural lain yang berhubungan dengan fungsi bilologis tubuh manusia.

    Peace dong......

    Similar Threads:

  2. #2
    Status
    Offline
    Ki Wulung's Avatar
    64-Bit Member
    Join Date
    Oct 2007
    Location
    Jakarta
    Posts
    120

    Default

    Tak uwisi gunem iki
    Niyatku mung aweh wikan
    Kabatinan akeh lire
    Lan gawat ka liwat-liwat
    Mulo dipun prayitno*.... (*kayaknya kenal...)
    Ojo keliru pamilihmu
    Lamun mardi kebatinan

    Saya akhiri pembicaraan ini
    Saya hanya ingin memberi tahu
    Kabatinan banyak macamnya
    Dan bisa sangat membahayakan
    Maka itu berhati-hatilah
    Jangan sampai kamu salah pilih
    Kalau ingin belajar kebatinan

    Tembang ini menggambarkan nasihat seorang tua – (pinisepuh) kepada mereka yang ingin mempelajari kabatinan atau kejawen. Kiranya perlu dipahami bahwa tujuan hakiki dari kejawen adalah mendapatkan ilmu sejati untuk mencapai hidup sejati, dan berada dalam keadaan harmonis hubungan antara kawula dan Gusti ( jumbuhing kawula Gusti )/pendekatan kepada Yang Maha Kuasa secara total.

    Keadaan spiritual ini bisa dicapai oleh setiap orang yang percaya kepada Tuhan, yang mempunyai moral yang baik dan jujur, beberapa laku harus dipraktekkan dengan kesadaran dan ketetapan hati yang mantap.Pencari dan penghayat ilmu sejati diwajibkan untuk melakukan sesuatu yang berguna bagi semua orang melalui rasa hati dan tindakannya. Cipta, rasa, karsa dan karya harus baik, benar, suci dan ditujukan untuk mamayu hayuning bawono. Ati suci jumbuhing Kawulo Gusti – hati suci itu adalah hubungan yang serasi antara Kawulo dan Gusti, tidak perlu diragukan bahwasanya kejawen merupakan aset dari orang Jawa tradisional yang mengandung nilai-nilai universal. Pandangan kejawen bisa memberikan sumbangan kepada perdamaian dan kemakmuran dunia.


  3. #3
    Status
    Offline
    Ki Wulung's Avatar
    64-Bit Member
    Join Date
    Oct 2007
    Location
    Jakarta
    Posts
    120

    Smile Weton

    Weton adalah peringatan hari lahir seseorang yang terjadi setiap 35 hari sekali. Untuk orang Jawa tradisional mengetahui wetonnya itu penting dan harus diingat kapan wetonnya itu, dengan mengetahui tanggal, bulan, tahun kelahiran seseorang bisa ditentukan hari wetonnya.

    1. Pada saat weton biasanya akan dibuat semacam sesaji sederhana yang berupa secawan bubur merah putih dan satu gelas air hangat. Pemberian ini adalah untuk saudara-saudara halus, dengan mengatakan: ini untuk semua saudara halusku, aku selalu ingat kamu, mengenali kamu, maka itu bantulah dan jagalah aku. Sesaji sederhana ini juga untuk mengingatkan dan bersyukur kepada ibu dan ayah, karena melalui merekalah kamu dilahirkan dan hidup di dunia ini. Selanjutnya untuk mengingat dan menghormati para leluhur dab yang paling penting untuk mengingat dan memuji Sang Pencipta Hiduo, Tuhan Yang Maha Kuasa.

    Cara yang lengkapuntuk meyebut saudara-saudara halus tersebut adalah : Mar marti, kakang kawah, adi ari-ari, getih puser sedulur papat, kalimo pancer .
    - Bantulah saya (katakan apa keperluanmu)
    - Jagalah saya pada waktu saya tidur

    Sebaliknya kamu menyebut nama mereka dengan lengkap sehingga kamu menjadi biasa dengan mereka (jumbuh) misalnya untuk beberapa bulan. Sesudah itu kamu boleh memanggil mereka semua : saudara halusku.

    Hiks...hiks.... Cuman copas aja.. jangan nanya ya.... Peace


  4. #4
    Status
    Offline
    Ki Wulung's Avatar
    64-Bit Member
    Join Date
    Oct 2007
    Location
    Jakarta
    Posts
    120

    Smile Pikiran orang Jawa

    Alam pikiran orang Jawa merumuskan kehidupan manusia berada dalam dua kosmos (alam) yaitu makrokosmos dan mikrokosmos.

    Makrokosmos dalam pikiran orang Jawa adalah sikap dan pandangan hidup terhadap alam semesta, yang mengandung kekuatan-kekuatan supranatural (adikodrati). Tujuan utama dalam hidup adalah mencari serta menciptakan keselarasan atau keseimbangan antara kehidupan makrokosmos dan mikrokosmos.

    Dalam makrokosmos pusat alam semesta adalah Tuhan. Alam semesta memiliki kirarki yang ditujukan dengan adanya jenjang alam kehidupan dan adanya tingkatan dunia yang semakin sempurna (dunia atas – dunia manusia - dunia bawah). Alam semesta terdiri dari empat arah utama ditambah satu pusat yaitu Tuhan yang mempersatukan dan memberi keseimbangan.

    Sikap dan pandangan terhadap dunia nyata (mikrokosmos) adalah tercermin pada kehidupan manusia dengan lingkungannya, susunan manusia dalam masyarakat, tata kehidupan manusai sehari-hari dan segala sesuatu yang nampak oleh mata. Dalam menghadapi kehidupan manusia yang baik dan benar didunia inii tergantung pada kekuatan batin dan jiwanya.

    Bagi orang Jawa dahulu, pusat dunia ini ada pada pimpinan atau raja dan keraton, Tuhan adalah pusat makrokosmos sedangkan raja dianggap perwujudan wakil Tuhan di dunia ,sehingga dalam dirinya terdapat keseimbangan berbagai kekuatan dari dua alam. Jadi raja dipandang sebagai pusat komunitas di dunia seperti halnya raja menjadi mikrokosmos dari wakil Tuhan dengan keraton sebagi tempat kediaman raja. Keraton merupakan pusat keramat kerajaan dan bersemayamnya raja karena rajapun dianggap merupakan sumber kekuatan-kekuatan kosmis yang mengalir ke daerah kedaulatannya dan membawa ketentraman, keadilan dan kesuburan wilayah.

    Hal hal diatas merupakan gambaran umum tentang alam pikiran serta sikap dan pandangan hidup yang dimiliki oleh orang Jawa pada jaman kerajaan. Alam pikiran ini telah berakar kuat dan menjadi landasan falsafah dari segala perwujudan yang ada dalam tata kehidupan orang Jawa.


  5. #5
    Status
    Offline
    Fadhilah's Avatar
    128-Bit Member
    Join Date
    Aug 2007
    Posts
    165

    Default

    Mantap Ki penjelasannya, bisa dibeberkan lagi tentang Kidung "Rumeksa Ing Wengi" ??? :)


  6. #6
    Status
    Offline
    Ki Wulung's Avatar
    64-Bit Member
    Join Date
    Oct 2007
    Location
    Jakarta
    Posts
    120

    Smile Kidung Rumeksa Ing Wengi (Nurbuat....?)

    Ana kidung rumekso ing wengi
    Teguh hayu luputa ing lara
    luputa bilahi kabeh
    jim setan datan purun
    paneluhan tan ana wani
    niwah panggawe ala
    gunaning wong luput
    geni atemahan tirta
    maling adoh tan ana ngarah ing mami
    guna duduk pan sirno

    Sakehing lara pan samya bali
    Sakeh ngama pan sami mirunda
    Welas asih pandulune
    Sakehing braja luput
    Kadi kapuk tibaning wesi
    Sakehing wisa tawa
    Sato galak tutut
    Kayu aeng lemah sangar
    Songing landhak guwaning
    Wong lemah miring
    Myang pakiponing merak

    Pagupakaning warak sakalir
    Nadyan arca myang segara asat
    Temahan rahayu kabeh
    Apan sarira ayu
    Ingideran kang widadari
    Rineksa malaekat
    Lan sagung pra rasul
    Pinayungan ing Hyang Suksma
    Ati Adam utekku baginda Esis
    Pangucapku ya Musa

    Napasku nabi Ngisa linuwih
    Nabi Yakup pamiryarsaningwang
    Dawud suwaraku mangke
    Nabi brahim nyawaku
    Nabi Sleman kasekten mami
    Nabi Yusuf rupeng wang
    Edris ing rambutku
    Baginda Ngali kuliting wang
    Abubakar getih daging Ngumar singgih
    Balung baginda ngusman

    Sumsumingsun Patimah linuwih
    Siti aminah bayuning angga
    Ayup ing ususku mangke
    Nabi Nuh ing jejantung
    Nabi Yunus ing otot mami
    Netraku ya Muhamad
    Pamuluku Rasul
    Pinayungan Adam Kawa
    Sampun pepak sakathahe para nabi
    Dadya sarira tunggal


    Terjemahan dalam bahasa indonesia:

    Ada kidung rumekso ing wengi. Yang menjadikan kuat selamat terbebas
    dari semua penyakit. Terbebas dari segala petaka. Jin dan setanpun
    tidak mau. Segala jenis sihir tidak berani. Apalagi perbuatan jahat.
    guna-guna tersingkir. Api menjadi air. Pencuripun menjauh dariku.
    Segala bahaya akan lenyap.

    Semua penyakit pulang ketempat asalnya. Semua hama menyingkir dengan pandangan kasih. Semua senjata tidak mengena. Bagaikan kapuk jatuh dibesi. Segenap racun menjadi tawar. Binatang buas menjadi jinak. Pohon ajaib, tanah angker, lubang landak, gua orang, tanah miring dan sarang merak.

    Kandangnya semua badak. Meski batu dan laut mengering. Pada akhirnya semua slamat. Sebab badannya selamat dikelilingi oleh bidadari, yang dijaga oleh malaikat, dan semua rasul dalam lindungan Tuhan. Hatiku Adam dan otakku nabi Sis. Ucapanku adalah nabi Musa.

    Nafasku nabi Isa yang teramat mulia. Nabi Yakup pendenganranku. Nabi Daud menjadi suaraku. Nabi Ibrahim sebagai nyawaku. Nabi sulaiman
    menjadi kesaktianku. Nabi Yusuf menjadi rupaku. Nabi Idris menjadi
    rupaku. Ali sebagai kulitku. Abubakar darahku dan Umar dagingku.
    Sedangkan Usman sebagai tulangku.

    Sumsumku adalah Fatimah yang amat mulia. Siti fatimah sebagai
    kekuatan badanku. Nanti nabi Ayub ada didalam ususku. Nabi Nuh
    didalam jantungku. Nabi Yunus didalam otakku. Mataku ialah Nabi
    Muhamad. Air mukaku rasul dalam lindungan Adam dan Hawa. Maka
    lengkaplah semua rasul, yang menjadi satu badan.


  7. #7
    Status
    Offline
    Ki Wulung's Avatar
    64-Bit Member
    Join Date
    Oct 2007
    Location
    Jakarta
    Posts
    120

    Smile

    ”Kidung Rumekso Ing Wengi”(KRIW), merupakan karya Sunan Kalijaga yang sering didendangkan sehabis sembahyang (Sholat) malam, kidung ini sudah terkenal di wilayah Nusantara dan sering dilantunkan di pedesaan pada pertunjukkan ketoprak, wayang kulit dll atau peronda di malam hari yang sunyi.

    Bait yang utama dari KRIW itu sangat dikenal karena berisi mantra tolak balak, sedangkan bait selanjutnya yang berjumlah delapan jarang dinyanyikan karena dianggap terlalu panjang.

    Laku kidung ini mengingatkan manusia agar mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa, sehingga terhindar dari kutukan dan malapetaka yang lebih dahsyat. Dengan demikian kita dituntut untuk senantiasa berbakti, beriman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

    Sedangkan fungsi kidung secara eksplisit tersurat dalam kalimat kidung itu, yang antara lain; Penolak balak di malam hari, seperti teluh, santet, duduk, ngama, maling, penggawe ala dan semua malapetaka. Pembebas semua benda . Pemyembuh penyakit, termasuk gila. Pembebas pageblug. Pemercepat jodoh bagi perawan tua. Menang dalam perang . Memperlancar cita-cita luhur dan mulia.

    (Copas aja, hiks....hiks..... jangan nanya atuh.... kagak tahu ape")


  8. #8
    Status
    Offline
    Ki Wulung's Avatar
    64-Bit Member
    Join Date
    Oct 2007
    Location
    Jakarta
    Posts
    120

    Smile Puasa alaI-ComersKejawen

    Puasa dan tapa adalah dua hal yang sangat penting bagi peningkatan spiritual seseorang. Disemua ajaran agama biasanya disebutkan tentang puasa ini dengan berbagai versi yang berbeda.

    Menurut sudut pandang spiritual metafisik, puasa mempunyai efek yang sangat baik dan besar terhadap tubuh dan fikiran. Puasa dengan cara supranatural mengubah sistem molekul tubuh fisik dan eterik dan menaikkan vibrasi/getarannya sehingga membuat tubuh lebih sensitif terhadap energi/kekuatan supranatural sekaligus mencoba membangkitkan kemampuan indera keenam seseorang. Apabila seseorang telah terbiasa melakukan puasa, getaran tubuh fisik dan eteriknya akan meningkat sehingga seluruh racun,energi negatif dan makhluk eterik negatif yang ada didalam tubuhnya akan keluar dan tubuhnya akan menjadi bersih. Setelah tubuhnya bersih maka roh-roh suci pun akan datang padanya dan menyatu dengan dirinya membantu kehidupan nya dalam segala hal.

    Didalam peradaban/tradisi pendalaman spiritual ala kejawen, seorang penghayat kejawen biasa melakukan puasa dengan hitungan hari tertentu (biasanya berkaitan dengan kalender jawa). Hal tersebut dilakukan untuk menaikkan kekuatan dan kemampuan spiritual metafisik mereka dan untuk memperkuat hubungan mereka dengan saudara kembar gaib mereka yang biasa disebut SADULUR PAPAT KALIMA PANCER.

    apapun nama dan pelaksanaan puasa, bila puasa dilakukan dengan niat yang tulus, maka tak mungkin akan membuat manusia yang melakoninya celaka. Bahkan medis mampu membuktikan betapa puasa memberikan efek yang baik bagi tubuh, terutama untuk mengistirahatkan oragan-oragan pencernaan.
    Intinya adalah ketika seseorang berpuasa dengan ikhlas, maka orang tersebut akan terbersihkan tubuh fisik dan eteriknya dari segala macam kotoran. Ada suatu konsep spiritual yang berbunyi “matikanlah dirimu sebelum engkau mati”, arti dari konsep tersebut kurang lebih kalau kita sering ‘menyiksa’ tubuh maka jiwa kita akan menjadi kuat. Karena yang hidup adalah jiwa, raga akan musnah suatu saat nanti. Itulah sedikit konsep spiritual jawa yang banyak dikenal. Para penghayat kejawen telah ‘menemukan’ metode-metode untuk membangkitkan spirit kita agar kita menjadi manusia yang kuat jiwanya dan luas alam pemikirannya, salah satunya yaitu dengan menemukan puasa-puasa dengan tradisi kejawen. Atas dasar konsep ‘antal maut qoblal maut’ diatas puasa-puasa ini ditemukan dan tidak lupa peran serta para ghaib, arwah leluhur serta roh-roh suci yang membantu membimbing mereka dalam peningkatan spiritualnya.

    >>> Macam-macam puasa ala Kejawen :
    1. Mutih
    Dalam puasa mutih ini seseorang tdk boleh makan apa-apa kecuali hanya nasi putih dan air putih saja. Nasi putihnya pun tdk boleh ditambah apa-apa lagi (seperti gula, garam dll.) jadi betul-betul hanya nasi putih dan air puih saja. Sebelum melakukan puasa mutih ini, biasanya seorang pelaku puasa harus mandi keramas dulu sebelumnya dan membaca mantra ini : “niat ingsun mutih, mutihaken awak kang reged, putih kaya bocah mentas lahirdipun ijabahi gusti allah.”

    2. Ngeruh
    Dalam melakoni puasa ini seseorang hanya boleh memakan sayuran / buah-buahan saja. Tidak diperbolehkan makan daging, ikan, telur dsb.

    3. Ngebleng
    Puasa Ngebleng adalah menghentikan segala aktifitas normal sehari-hari. Seseorang yang melakoni puasa Ngebleng tidak boleh makan, minum, keluar dari rumah/kamar, atau melakukan aktifitas seksual. Waktu tidur-pun harus dikurangi. Biasanya seseorang yang melakukan puasa Ngebleng tidak boleh keluar dari kamarnya selama sehari semalam (24 jam). Pada saat menjelang malam hari tidak boleh ada satu lampu atau cahaya-pun yang menerangi kamar tersebut. Kamarnya harus gelap gulita tanpa ada cahaya sedikitpun. Dalam melakoni puasa ini diperbolehkan keluar kamar hanya untuk buang air saja.

    4. Pati geni
    Puasa Patigeni hampir sama dengan puasa Ngebleng. Perbedaanya ialah tidak boleh keluar kamar dengan alasan apapun, tidak boleh tidur sama sekali. Biasanya puasa ini dilakukan sehari semalam, ada juga yang melakukannya 3 hari, 7 hari dst. Jika seseorang yang melakukan puasa Patigeni ingin buang air maka, harus dilakukan didalam kamar (dengan memakai pispot atau yang lainnya). Ini adalah mantra puasa patigeni : “niat ingsun patigeni, amateni hawa panas ing badan ingsun, amateni genine napsu angkara murka krana Allah taala”.

    5. Ngelowong
    Puasa ini lebih mudah dibanding puasa-puasa diatas Seseorang yang melakoni puasa Ngelowong dilarang makan dan minum dalam kurun waktu tertentu. Hanya diperbolehkan tidur 3 jam saja (dalam 24 jam). Diperbolehkan keluar rumah.

    6. Ngrowot
    Puasa ini adalah puasa yang lengkap dilakukan dari subuh sampai maghrib. Saat sahur seseorang yang melakukan puasa Ngrowot ini hanya boleh makan buah-buahan itu saja! Diperbolehkan untuk memakan buah lebih dari satu tetapi hanya boleh satu jenis yang sama, misalnya pisang 3 buah saja. Dalam puasa ini diperbolehkan untuk tidur.

    7. Nganyep
    Puasa ini adalah puasa yang hanya memperbolehkan memakan yang tidak ada rasanya. Hampir sama dengan Mutih , perbedaanya makanannya lebih beragam asal dengan ketentuan tidak mempunyai rasa.

    8. Ngidang
    Hanya diperbolehkan memakan dedaunan saja, dan air putih saja. Selain daripada itu tidak diperbolehkan.

    9. Ngepel
    Ngepel berarti satu kepal penuh. Puasa ini mengharuskan seseorang untuk memakan dalam sehari satu kepal nasi saja. Terkadang diperbolehkan sampai dua atau tiga kepal nasi sehari.

    10. Ngasrep
    Hanya diperbolehkan makan dan minum yang tidak ada rasanya, minumnya hanya diperbolehkan 3 kali saja sehari.

    11. Senin-kamis
    Puasa ini dilakukan hanya pada hari senin dan kamis saja seperti namanya. Puasa ini identik dengan agama islam. Karena memang Rasulullah SAW menganjurkannya.

    12. Wungon
    Puasa ini adalah puasa pamungkas, tidak boleh makan, minum dan tidur selama 24 jam.

    13. Tapa Jejeg
    Tidak duduk selama 12 jam

    14. Lelono
    Melakukan perjalanan (jalan kaki) dari jam 12 malam sampai jam 3 subuh (waktu ini dipergunakan sebagai waktu instropeksi diri).

    15. Kungkum
    Kungkum merupakan tapa yang sangat unik. Banyak para pelaku spiritual merasakan sensasi yang dahsyat dalam melakukan tapa ini. Tatacara tapa Kungkum adalah sebagai beikut :
    a) Masuk kedalam air dengan tanpa pakaian selembar-pun dengan posisi bersila (duduk) didalam air dengan kedalaman air se tinggi leher.
    b) Biasanya dilakukan dipertemuan dua buah sungai
    c) Menghadap melawan arus air
    d) Memilih tempat yang baik, arus tidak terlalu deras dan tidak terlalu banyak lumpur didasar sungai
    e) Lingkungan harus sepi, usahakan tidak ada seorang manusiapun disana
    f) Dilaksanakan mulai jam 12 malam (terkadang boleh dari jam 10 keatas) dan dilakukan lebih dari tiga jam (walau ada juga yang memperbolehkan pengikutnya kungkum hanya 15 menit).
    g) Tidak boleh tertidur selama Kungkum
    h) Tidak boleh banyak bergerak
    i) Sebelum masuk ke sungai disarankan untuk melakukan ritual pembersihan (mandi dulu)
    j) Pada saat akan masuk air baca mantra ini :
    “ Putih-putih mripatku Sayidina Kilir, Ireng-ireng mripatku Sunan Kali Jaga, Telenging mripatku Kanjeng Nabi Muhammad.”
    k) Pada saat masuk air, mata harus tertutup dan tangan disilangkan di dada
    l) Nafas teratur
    m) Kungkum dilakukan selama 7 malam biasanya

    16. Ngalong
    Tapa ini juga begitu unik. Tapa ini dilakuakn dengan posisi tubuh kepala dibawah dan kaki diatas (sungsang). Pada tahap tertentu tapa ini dilakukan dengan kaki yang menggantung di dahan pohon dan posisi kepala di bawah (seperti kalong/kelelawar). Pada saat menggantung dilarang banyak bergerak. Secara fisik bagi yang melakoni tapa ini melatih keteraturan nafas. Biasanya puasa ini dibarengi dengan puasa Ngrowot.

    17. Ngeluwang
    Tapa Ngeluwang adalah tapa paling menakutkan bagi orang-orang awam dan membutuhkan keberanian yang sangat besar. Tapa Ngeluwang disebut-sebut sebagai cara untuk mendapatkan daya penglihatan gaib dan menghilangkan sesuatu. Tapa Ngeluwang adalah tapa dengan dikubur di suatu pekuburan atau tempat yang sangat sepi. Setelah seseorang selesai dari tapa ini, biasanya keluar dari kubur maka akan melihat hal-hal yang mengerikan (seperti arwah gentayangan, jin dlsb). Sebelum masuk kekubur, disarankan baca mantra ini :
    “ Niat ingsun Ngelowong, anutupi badan kang bolong siro mara siro mati, kang ganggu maang jiwa insun, lebur kaya dene banyu krana Allah Ta’ala.”

    Dalam melakoni puasa-puasa diatas, bagi pemula sangatlah berat jika belum terbiasa. Oleh karena itu disini akan dibekali dengan ilmu lambung karang. Ilmu ini berfungsi untuk menahan lapar dan dahaga. Dengan kata lain ilmu ini dapat sangat membantu bagi oarang-orang yang masih ragu-ragu dalam melakoni puasa-puasa diatas. Selain praktis dan mudah dipelajari, sebenarnya ilmu lambung karang ini berbeda dengan ilmu-ilmu lain yang kebanykan harus ditebus/dimahari dengan puasa. Selain itu syarat atau cara mengamalkannyapun sangat mudah, yaitu :
    1. Mandi keramas/jinabat untuk membersihkan diri dari segala macam kekotor
    2. Menjaga hawa nafsu.
    3. Baca mantra lambung karang ini sebanyak 7 kali setelah shalat wajib 5 waktu,

    yaitu :
    Bismillahirrahamanirrahim
    Cempla cempli gedhene
    Wetengku saciplukan bajang
    Gorokanku sak dami aking
    Kapan ingsun nuruti budine
    Aluamah kudu amangan wareg
    Ngungakna mekkah madinah
    Wareg tanpa mangan
    Kapan ingsun nuruti budine
    Aluamah kudu angombe
    Ngungakna segara kidul
    Wareg tanpa angombe
    Laailahaillallah Muhammad Rasulullah

    Selain melakoni puasa-puasa diatas masyarakat kejawen juga melakukan puasa-puasa yang diajarkan oleh agama islam, seperti puasa ramadhan, senin kamis, puasa 3 hari pada saat bulan purnama, puasa Nabi Daud AS dll. Inti dari semua lakon mereka tujuannya hanya satu yaitu mendekatkan diri dengan Allah SWT agar diterima iman serta islam mereka.


  9. #9
    Status
    Offline
    Ki Wulung's Avatar
    64-Bit Member
    Join Date
    Oct 2007
    Location
    Jakarta
    Posts
    120

    Smile Hari dan Pasaran Jawa

    Neptu hari dan Pasaran
    Dalam melakukan hajat perkawinan, mendirikan rumah, bepergian dan sebagainya. Kebanyakan orang jawa dahulu, mendasarkan atas hari yang berjumlah 7(senin-minggu) dan pasaran yang jumlahnya ada 5, tiap hari tentu ada rangkapannya pasaran, jelasnya : tiap hari tentu jatuh pada pasaran tertentu.
    Masing-masing hari dan pasaran mempunyai ”neptu ”, yaitu ”nilai” dengan angkanya sendiri-sendiri sebagai berikut :

    Nama hari = Neptu ( nilai )
    1. Ahad = 5
    2. Senen = 4
    3. Selasa = 3
    4. Rabu = 7
    5. Kamis = 8
    6. Jum’at = 6
    7. Sabtu = 9
    Nama Pasaran Neptu (nilai )
    1. Legi = 5
    2. Paing = 9
    3. Pon = 7
    4. Wage = 4
    5. Kliwon = 8
    Neptu hari atau pasaran kelahiran untuk perkawinan
    Hari dan pasaran dari kelahiran dua calon temanten yaitu anak perempuan dan anak lelaki masing-masing dijumlahkan dahulu, kemudian masing masing dibuang (dikurangi) sembilan.
    Misalnya :
    Kelahiran anak perempuan adalah hari Jumat (neptu 6) wage (neptu 4) jumlah 10, dibuang 9 sisa 1
    Sedangkan kelahiran anak laki-laki ahad (neptu 5) legi (neptu 5) jumlah 10 dikurangi 9 sisa 1.

    Menurut perhitungan dan berdasarkan sisa diatas maka perhitungan seperti dibawah ini:
    Apabila sisa:
    1 dan 4 : banyak celakanya
    1 dan 5 :bisa
    1 dan 6 : jauh sandang pangannya
    1 dan 7 : banyak musuh
    1 dan 8 : sengsara
    1 dan 9 : menjadi perlindungan
    2 dan 2 : selamat, banyak rejekinya
    2 dan 3 : salah seorang cepat wafat
    2 dan 4 : banyak godanya
    2 dan 5 : banyak celakanya
    2 dan 6 : cepat kaya
    2 dan 7 : anaknya banyak yang mati
    2 dan 8 : dekat rejekinya
    2 dan 9 : banyak rejekinya
    3 dan 3 : melarat
    3 dan 4 : banyak celakanya
    3 dan 5 : cepat berpisah
    3 dan 6 : mandapat kebahagiaan
    3 dan 7 : banyak celakanya
    3 dan 8 : salah seorang cepat wafat
    3 dan 9 : banyak rejeki
    4 dan 4 : sering sakit
    4 dan 5 : banyak godanya
    4 dan 6 : banyak rejekinya
    4 dan 7 : melarat
    4 dan 8 : banyak halangannya
    4 dan 9 : salah seorang kalah
    5 dan 5 : tulus kebahagiaannya
    5 dan 6 : dekat rejekinya
    5 dan 7 : tulus sandang pangannya
    5 dan 8 : banyak bahayanya
    5 dan 9 : dekat sandang pangannya
    6 dan 6 : besar celakanya
    6 dan 7 : rukun
    6 dan 8 : banyak musuh
    6 dan 9 : sengsara
    7 dan 7 : dihukum oleh istrinya
    7 dan 8 : celaka karena diri sendiri
    7 dan 9 : tulus perkawinannya
    8 dan 8 : dikasihi orang
    8 dan 9 : banyak celakanya
    9 dan 9 : liar rejekinya

    Neptu hari dan pasaran dari kelahiran calon mempelai laki-laki dan perempuan, ditambah neptu pasaran hari perkawinan dan tanggal (bulan Jawa) semuanya dijumlahkan kemudian dikurangi/ dibuang masing tiga, apabila masih sisa :
    1 = berarti tidak baik, lekas berpisah hidup atau mati
    2 = berarti baik, hidup rukun, sentosa dan dihormati
    3 = berarti tidak baik, rumah tangganya hancur berantakan dan kedua-duanya bisa mati.
    Neptu hari dan pasaran dari kelahiran calon mempelai laki-laki dan perempuan, dijumlah kemudian dikurangi / dibuang empat-empat apabila sisanya :
    1 = Getho, jarang anaknya,
    2 = Gembi, banyak anak,
    3 = Sri banyak rejeki,
    4 = Punggel, salah satu akan mati
    Hari kelahiran mempelai laki-laki dan mempelai wanita, apabila :
    Ahad dan Ahad, sering sakit
    Ahad dan Senin, banyak sakit
    Ahad dan Selasa, miskin
    Ahad dan Rebo, selamat
    Ahad dan Kamis, cekcok
    Ahad dan Jumat, selama
    Ahad dan Sabtu, miskin
    Senen dan Senen, tidak baik
    Senen dan Selasa, selamat
    Senen dan Rebo, anaknya perempuan
    Senen dan Kamis, disayangi
    Senen dan Jumat, selamat
    Senen dan Sabtu, direstui
    Selasa dan Selasa, tidak baik
    Selasa dan Rebo, kaya
    Selasa dan Kamis, kaya
    Selasa dan Jumat, bercerai
    Selasa dan Sabtu, sering sakit
    Rebo dan Rebo, tidak baik
    Rebo dan Kamis, selamat
    Rebo dan Jumat, selamat
    Rebo dan Sabtu, baik
    Kamis dan Kamis, selamat
    Kamis dan Jumat, selamat
    Kamis dan Sabtu, celaka
    Jumat dan Jumat, miskin
    Jumat dan Sabtu celaka
    Sabtu dan Sabtu, tidak baik

    Memilih Saat Ijab, Ijab kabul yang unik
    Dalam perkawinan Dra. Pharmasi Endang Ontorini Udaya dengan Sutrisno Sukro di Sala, ayah penggantin putri Bpk. Samsuharya Udaya telah memilih saat ijab kabul secara unik, yaitu pada malam Ahad Legi (27 Mei 73) jam 2.30 pagi.
    Ketetapan itu didasarkan saat lahirnya temanten putri. Segala waktunya berjalan baik, lancar dan selamat.
    Mungkin hal tersebut suatu ajaran : kalau tidak memakai perhitungan, pakailah hari kelahiran untuk hal-hal yang penting pindah rumah dsb.
    Hari yang membawa kelahirannya selamat, demikian pulalah untuk hal lain-lain dalam hidupnya.


  10. #10
    Status
    Offline
    Ki Wulung's Avatar
    64-Bit Member
    Join Date
    Oct 2007
    Location
    Jakarta
    Posts
    120

    Smile

    HARI-HARI UNTUK MANTU DAN IJAB PENGANTIN
    (baik buruknya bulan untuk mantu):
    1. Bulan Jw. Suro : Bertengkar dan menemui kerusakan (jangan dipakai)
    2. Bulan Jw. Sapar : kekurangan, banyak hutang (boleh dipakai)
    3. Bulan Jw Mulud : lemah, mati salah seorang (jangan dipakai)
    4. Bulan jw. Bakdamulud : diomongkan jelek (boleh dipakai)
    5. Bulan Jw. Bakdajumadilawal : sering kehilangan, banyak musuh (boleh dipakai)
    6. Bulan Jw. Jumadilakhir : kaya akan mas dan perak
    7. Bulan Rejeb : banyak kawan selamat
    8. Bulan Jw. Ruwah : selamat
    9. Bulan puasa : banyak bencananya (jangan dipakai)
    10. Bulan Jw. Syawal : sedikit rejekinya, banyak hutang (boleh dipakai)
    11. Bulan Jw. Dulkaidah : kekurangan, sakit-sakitan, bertengkar dengan teman (jangan dipakai)
    12. Bulan Jw. Besar : senang dan selamat

    BULAN TANPA ANGGARA KASIH
    Hari anggara kasih adalah selasa kliwon, disebut hari angker sebab hari itu adalah permulaan masa wuku. Menurut adat Jawa malamnya (senin malam menghadap) anggara kasih orang bersemedi, mengumpulkna kekuatan batin untuk kesaktian dan kejayaan. Siang harinya (selasa kliwon) memelihara, membersihkan pusaka wesi aji, empu mulai membikin keris dalam majemur wayang.
    Bulan – bulan anggoro kasih tidak digunakan untuk mati, hajat-hajat lainnya dan apa saja yang diangggap penting.
    Adapun bulan-bulan tanpa anggara kasih adalah:
    1. dalam tahun Alib bulan 2 : Jumadilakhir dan besar
    2. dalam tahun ehe bulanl 2 dan : jumadilakhir
    3. dalam tahun jimawal bulan 2 : Suro dan rejeb
    4. dalam tahun Je bulan 2 : Sapar
    5. dalam tahun Dal bulan 2 : yaitu sapar dan puasa
    6. dalam tahun Be bulan 2 : mulud dan syawan
    7. dalam tahun wawu bulan 2 : Bakdomulud/syawal
    8. dalam tahuin Jimakir bulan 2 : Jumadilawal dan Dulkaidkah

    SAAT TATAL
    Saat tatal dibawah ini untuk memilih waktu yang baik untuk mantu juga untuk pindah rumah, berpergian jauh dan memulai apa saja yang dianggap penting.
    Kerentuan saat itu jatuh pada pasaran (tidak pada harinya ) :
    1. pasaran legi : mulai jam 06.00 nasehet.mulai jam 08.24 Rejeki : mulai jam 25.36 rejeki mulai dri jam 10 48 selamat, mulai jam 13.12 pangkalan atau (halangan) mulai jam 15.36 pacak wesi
    2. pasaran pahing : mulai jam 06.00 rejeki, jam 08.24 selamat, jam 10.48 pangkalan, jam 13.12 pacak wesi, jam 15.36 nasehat.
    3. pasaran pon : mulai jam 06.00 selamat, jam 08.24 pangkalan, jam 10.48 pacak wesi, jam 13.12 nasehat, jam 15.36 rejeki
    4. pasaran wage mulai jam 06.00 pangkalan, jam 08.24 pacak wesi, jam 13.12 nasehat jam 15.36 selamat.
    5. pasaran kliwon, mulai jam 06.00 pacak wesi, jam 08.24 nasehat, jam 10.48 rejeki, jam 13-12 selamat jam 13.36 pangkalan.

    HARI PASARAN UNTUK PERKAWINAN
    Neptu dan hari pasaran dijumlah kemudian dikurangi/dibuang enam-enam apabila tersisa:
    1 jatuh, mati, (tidak baik) asalnya bumi
    2 jatuh, jodoh (baik) asalnya jodoh dengan langit
    3 jatuh , selamat atau baik asalnya barat
    4 jatuh, cerai atau tidak baik asalnya timur
    5 jatuh, prihatin (tidak baik) asalnya selatan
    6 jatuh, mati besan (tidak baik) asalnya utara


Tags for this Thread

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •